4 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Segera Ubah Gaya Hidup Tak Sehat

Selasa, 09 November 2021 - 15:00 WIB
loading...
4 Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda, Segera Ubah Gaya Hidup Tak Sehat
Cara menurunkan darah tinggi di usia muda perlu dilakukan guna mengurangi risiko terkena darah tinggi di masa mendatang. / Foto: ilustrasi/Bold Sky
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan darah tinggi di usia muda perlu dilakukan guna mengurangi risiko terkena darah tinggi di masa mendatang.

Ya, masalah darah tinggi tak lagi identik dengan usia tua. Anggapan itu sudah tidak berlaku lagi, karena perubahan gaya hidup yang buruk membuat kasus darah tinggi banyak menyerang anak muda juga.

Menurut laporan Houston Methodist, saat ini masalah darah tinggi banyak juga dialami individu dewasa muda berusia 20 tahun ke atas. Mereka meningkatkan risiko maupun sudah terkena tekanan darah tinggi.

Baca juga: Pemberian Booster Vaksin Covid-19 di Indonesia Dimulai Januari 2022

"Tekanan darah tinggi merusak tubuh Anda dari waktu ke waktu dan ini meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius. Itu sebabnya kamu menyebut tekanan darah tinggi sebagai pembunuh diam-diam," ungkap Kepala Pencegahan dan Kesehatan Kardiovaskular di Houston Methodist, dr Nasir seperti dikutip MNC Portal, Selasa (9/11/2021).

Bicara soal berapa sih angka normal tekanan darah, dijelaskan dalam laman kesehatan tersebut, angka normal tekanan darah itu 120/80 mmHg. Sedangkan, seseorang dikatakan mengalami risiko darah tinggi jika hasil pengukuran tensi menunjukkan angka antara 120-129/80 mmHg.

Nah, kalau angka darah tinggi itu ternyata dibagi dalam skala stadium. Pada stadium 1, angkanya antara 130-139/80-90 mmHg, lalu pada stadium 2 angkanya 140/90 mmHg atau lebih tinggi.

Menjadi poin penting dalam pembahasan kali ini adalah upaya pencegahan yang bisa dilakukan anak muda agar meminimalisir risiko mengalami darah tinggi. Berikut ini dr Nasir coba memberikan saran untuk menurunkan darah tinggi di usia muda.

1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 4,5 kilogram sudah mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, atur asupan garam di bawah 1.500 mg/hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)